Permatasari, Erlina Diah and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Puisi Dengan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 3 Gunting Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (809kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (397kB) |
Abstract
Pembelajaran bukanlah konsekuensi otomatis dari penuangan informasi ke dalam benak siswa, namun pembelajaran merupakan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V melalui metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 3 Gunting, Wonosari, Klaten yang berjumlah 19 siswa. Obyek penelitian adalah kreativitas pembuatan puisi pada mata pelajaran bahas Indonesia Kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan adalah model alur yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa baik dalam kegiatan belajar maupun dalam pembutan puisi bebas. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang mencapai kriteria kreatif dalam kegiatan belajar pada pra siklus terdapat 6 siswa dari 19 siswa atau 31,6% yang, pada siklus I terdapat 10 siswa dari 18 siswa atau 55,6% dan pada siklus II ada 14 siswa dari 18 siswa atau 77,7%. Jadi peningkatan kreativitas kegiatan siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 14% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,1%. Selain kreativitas dalam kegiatan belajar ada juga kreativitas pembutan puisi. Hasil kreativitas pembuatan puisi bebas juga menunjukkan peningkatan. Siswa yang memperoleh kriteria kreatif pada pra siklus terdapat 8 siswa dari 19 siswa atau 42,1%, pada siklus I menigkat menjadi 12 siswa dari 18 siswa atau 66,7%, pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa dari 18 siswa atau 83,4%. Jadi peningkatan hasil kreativitas pembutan puisi dari pra siklus ke siklus I sebesar 24% dan pada siklusI ke siklus II sebesar 16,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan pembuatan puisi bebas kelas V SD N 3 Gunting tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas belajar, Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 07:32 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22972 |
Actions (login required)
View Item |