Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Strategi Role Playing Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V B SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Yuliana, Erna and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Strategi Role Playing Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V B SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai karakter bangsa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V B SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta melalui penerapan strategi role playing. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai karakter bangsa dan berdampak terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada materi kebebasan organisasi. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pemahaman nilai-nilai karakter bangsa siswa yang dapat dilihat pada indikator peningkatan karakter religiu sebelum ada tindakan 50%, pada siklus I 73,61%, dan pada siklus II mencapai 88,89%; karakter mandiri sebelum ada tindakan 41,67%, siklus I 68%, dan pada siklus II mencapai 80,56%; karakter peduli sosial sebelum ada tindakan 55,55%, siklus I 73,61%, dan pada siklus II mencapai 88,89%; karakter tanggung jawab sebelum ada tindakan 50%, siklus I 65,28%, dan pada siklus II mencapai 83,33%. Selain peningkatan pemahaman nilai-nilai karakter bangsa, berdampak terhadap hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum ada tindakan daya serap siswa sebesar 44,44%, pada siklus I mencapai 61,11%, dan pada siklus II daya serap siswa mencapai 88,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi role playing dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai karakter bangsa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V B SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi role playing peningkatan, pemahaman, nilai-nilai karakter bangsa berdampak terhadap hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 07:22
Last Modified: 28 Oct 2021 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item