Arum, Anasri Purwaning and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Negeri Prawit Ii Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (485kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan strategi Lightening The Learning Climate pada siswa kelas IV SD Negeri Prawit II Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Prawit II Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Prawit II Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta yang berjumlah 30 orang. Obyek dari penelitian ini adalah strategi Lightening The Learning Climate dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Pada penelitian tindakan kelas ini, analis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analis data interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yaitu sebelum tindakan sebesar 16,67% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 23,33% pada siklus I, dan akhir tindakan sebesar 76,67% pada siklus II. Dari proses pembelajaran tersebut juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 68 dengan ketuntasan belajar 60% dari 18 siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 74,60 dengan ketuntasan belajar 70% dari 21 siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 82,67 dengan ketuntasan belajar 93,33% dari 28 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Prawit II Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar siswa, Lightening The Learning Climate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2013 07:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22970 |
Actions (login required)
View Item |