Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mejobo, Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Riyanto, Arif Wahyu and , Drs. Suwarno, M.Pd. (2013) Peningkatan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Mejobo, Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa jawa yang berdampak pada hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Mejobo melalui strategi pembelajaran Crossword Puzzle. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Mejobo yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki – laki, dan 11 siswa perempuan. Obyek dari penelitian ini adalah Minat belajar pelajaran bahasa jawa dan strategi pembelajaran Crossword Puzzle Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SD Negeri 3 Mejobo, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data,paparan data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Peningkatan minat terlihat dalam 4 indikator yaitu Perasaan senang siswa dalam menerima pelajaran, Ketertarikan siswa dari penjelasan materi, Perhatian siswa dalam menjawab pertanyaan, Keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan. Perasaan senang siswa dalam menerima pelajaran pada pra siklus sebesar 54%, Siklus I sebesar 76%, dan Siklus II sebesar 80%. Ketertarikan siswa dari penjelasan materi pada pra siklus sebesar 51%, Siklus I sebesar 68%, dan Siklus II sebesar 77%. Perhatian siswa dalam menjawab pertanyaan pada pra siklus sebesar 50%, Siklus I sebesar 69%, dan Siklus II sebesar 78%. Keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan yaitu pada pra siklus 57%, Siklus I sebesar 81%, dan Siklus II sebesar 85%. Selain peningkatan minat belajar, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus sebanyak 10 siswa atau sebesar 45, 45% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 15 siswa atau sebesar 68, 18% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 19 siswa atau sebesar 83, 36%. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran bahasa jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Mejobo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, minat belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2013 06:40
Last Modified: 28 Oct 2021 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item