Peningkatan Keaktivan Belajar Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Teloyo III Kecamatan Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Andrianto, Dhani and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2013) Peningkatan Keaktivan Belajar Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Teloyo III Kecamatan Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian dengan rumusan masalah “Apakah strategi pembelajaran think talk write (TTW) dapat meningkatkan keaktivan belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Teloyo III Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013”? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktivan belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV SD Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Klaten. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Klaten yang berjumlah 17 siswa (12 siswa lakilaki dan 5 siswa perempuan). Metode pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, dokumentasi dan tes evaluasi serta lembar kerja siswa. sedangkan data dianalisa menggunakan Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan keaktivan pada diri siswa. Hal itu terlihat dari hasil penelitian dan didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut : (1) keaktivan bertanya dengan guru atau teman tentang hal yang belum dipahami (2) keaktivan mengemukakan pendapat, gagasan atau ide (3) keaktivan membuat catatan individu (4) keaktivan bekerjasama dalam kelompok diskusi (5) keaktivan mengerjakan tugas dan soal individu. Dari semua indikator tersebut, keaktivan siswa secara umum mengalami peningkatan dari kondisi awal siswa yang tergolong aktif 3 siswa atau sebesar 17,64% meningkat pada siklus I menjadi 8 siswa atau sebesar 47,06% dan pada siklus II keaktivan siswa meningkat meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 76,47%.. Dengan meningkatnya keaktivan siswa maka berpengaruh pada hasil belajar siswa, dari prasiklus 29,41% atau hanya 5 siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 47,06% atau 8 siswa yang tuntas pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 82,35% atau 14 siswa yang tuntas pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan keaktivan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Teloyo III Kecamatan Wonosari Klaten tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktivan belajar, hasil belajar IPA, strategi Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 12:19
Last Modified: 28 Oct 2021 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22959

Actions (login required)

View Item View Item