Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2012/2013

Marisha, Yhunika Lutvi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura dengan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Kedua peningkatan komunikasi belajar matematika yaitu (a) siswa yang mampu menyatakan ide matematika dari kondisi awal 9,09% siklus I 32,265% dan siklus II 80%, (b) siswa yang mampu menggambarkan ide ke dalam model matematika dari kondisi awal 9,09% siklus I 29,03% siklus II 66,67%, (c) siswa yang mampu menuliskan ide matematika dalam bentuk visual dari kondisi awal 18,18% siklus I 35,48% siklus II 70%, dan (d) siswa yang mampu menjelaskan konsep matematika dari kondisi awal 6,06% siklus I 29,03% siklus II 63,33%. Ketiga peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 35,71%, siklus I 61,3% siklus II 76,7%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 12:03
Last Modified: 03 Nov 2021 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22955

Actions (login required)

View Item View Item