Zuhanisani, Virlina and , Dr. H. Sumardi, M.Si . (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (675kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan melalui media alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 laki – laki dan 16 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VIIB, dan mitra peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskrptif kualitatif, yang analisisnya menggunakan metode alur dimana meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak. Hal ini dapat dilihat dari 1) nilai tes memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,3% 2) nilai di atas rata – rata kelas sebelum tindakan 43,75% dan sesudah tindakan 71,88% 3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan 31,25% dan setelah tindakan 53,13% 4) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 21,86% dan setelah tindakan 59,38% dan 5) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,63% dan sesudah tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 11:36 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22950 |
Actions (login required)
View Item |