Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013

Zuhanisani, Virlina and , Dr. H. Sumardi, M.Si . (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Dengan Media Alat Peraga Matematika Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (675kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dari hasil belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan melalui media alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 laki – laki dan 16 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, guru matematika kelas VIIB, dan mitra peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskrptif kualitatif, yang analisisnya menggunakan metode alur dimana meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Gatak. Hal ini dapat dilihat dari 1) nilai tes memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,3% 2) nilai di atas rata – rata kelas sebelum tindakan 43,75% dan sesudah tindakan 71,88% 3) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan 31,25% dan setelah tindakan 53,13% 4) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 21,86% dan setelah tindakan 59,38% dan 5) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 15,63% dan sesudah tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:36
Last Modified: 03 Nov 2021 02:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22950

Actions (login required)

View Item View Item