Prasetyo, Teguh and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. and , Masduki, M.Si. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X SMA N 1 Sidoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (458kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf Download (447kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui implementasi metode pembelajaran cooperative learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Sidoharjo yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Logaritma. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Ketuntasan belajar siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 9 siswa (39,13%) dan di akhir tindakan mencapai 19 siswa (82,61%), 2) Keberanian siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan yaitu sebanyak 5 siswa (21,74%) dan di akhir tindakan mencapai 15 siswa (65,22%), 3) Siswa yang menanggapi pendapat siswa lain sebelum tindakan yaitu sebanyak 2 siswa (8,69%) dan di akhir tindakan mencapai 11 siswa (47,82%), 4) Antusias siswa mengerjakan soal sebelum tindakan yaitu sebanyak 8 siswa (34,78%) dan di akhir tindakan mencapai 17 siswa (73,91%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi metode pembelajaran cooperative learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Logaritma.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, cooperative integrated reading and composition |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 11:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22946 |
Actions (login required)
View Item |