Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together(NHT) Dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Ayuningsih, Desi and , Drs. H. Sami'an, M.M (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together(NHT) Dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (910kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu kmeningkatkan keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together. yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VII F dengan penerima tindakan sebayak 32 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, dokumentasi, danwawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan hasil dari analisis disajikan secara deskripif untuk menarik kesimpulan. Penelitian penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih inovatif yaitu menyapaikan materi pembelajaran IPS dengan dibuatkan kelompok untuk saling berdiskusi, kegiatan presentasi dari hasil diskusi, kegiatan Tanya jawab yang dilakukan oleh peneliti maupun siswa, saling memberikan tanggapan dari hasil diskusi dan menyimpulka nmateri secara bersama – sama antara peneliti maupun siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS yaitu : 1) aktif dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 11 orang (34,37%), siklus I sebesar 17 orang (53,12 %), siklus II menjadi 23 orang (71,87%), 2) aktif dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 14 orang (43,75%), siklus I sebesar 21oran (65,62%), siklus II menjadi 25 orang (78,12 %), 3) aktif dalam mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 15,62%, siklus I sebesar 15 orang (46,87%), siklus II menjadi 23 orang (71,87 %), 4) Aktif dalam diskusi kelompok pada siklus I 18 orang (56,25%), siklus II menjadi 26 orang (81,25%). Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta kelas VII F.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifansiswa, model pembelajaran Numbered Head Together.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:17
Last Modified: 02 Nov 2021 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item