Fitriya, Siti Munasti and , Dr. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd. (2013) Minat Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Intensitas Perhatian Orang Tua Dan Ketersediaan Sumber Belajar Pada Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap minat belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009, 2) Untuk mengetahui pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap minat belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009, 3) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan ketersediaan sumber belajar terhadap minat belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2009. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi angkatan 2009/2010 yang berjumlah 236 mahasiswa dengan sampel 142 mahasiswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diujicobakan dan diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data memperoleh persamaan garis regresi Y=9,588 + 0,284 X1 + 0,262 X2. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah 1) intensitas perhatian orang tua berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,247 > 1,977 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 2) ketersediaan sumber belajar berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,837 > 1,977 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000, 3) intensitas perhatian orang tua dan ketersediaan sumber belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 41,770 > 3,061 pada taraf signifikansi 5%, 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 53% dan sumbangan efektif 19,88%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 47% dan sumbangan efektif 17,63%, 4) hasil perhitungan R2 diperoleh 0,375, berarti 37,5% minat belajar mahasiswa dipengaruhi oleh intensitas perhatian orang tua dan ketersediaan sumber belajar, sisanya sebesar 62,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas perhatian orang tua, ketersediaan sumber belajar, minat belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 11:04 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22940 |
Actions (login required)
View Item |