Nurafifah, Umi and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengaruh Partisipasi Dalam Interaksi Edukatif Dan Keterampilan Kognitif Terhadap Hasil Belajar Statistik Perusahaan 1 Pada Mahasiswa FKIP Akuntansi Ums Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (459kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (681kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap hasil belajar Statistik Perusahaan 1 pada mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2011; 2) Pengaruh keterampilan kognitif terhadap hasil belajar Statistik Perusahaan 1 pada mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2011; 3) Pengaruh partisipasi dalam interaksi edukatif dan keterampilan kognitif terhadap hasil belajar Statistik Perusahaan 1 pada mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2011. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,534 + 0,265X1 + 0,370X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh partisipasi dalam interaksi edukatif dan keterampilan kognitif. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh terhadap hasil belajar statistik perusahaan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,757 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan efektif sebesar 10,24%; 2) Keterampilan kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar statistik perusahaan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji signifikansi secara parsial) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,118 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002, dengan sumbangan efektif sebesar 12,6%; 3) Partisipasi dalam interaksi edukatif dan keterampilan kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar statistik perusahaan 1, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji signifikansi secara simultan) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,220 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,223 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh partisipasi dalam interaksi edukatif dan keterampilan kognitif terhadap hasil belajar statistik perusahaan 1, adalah sebesar 22,3% sedangkan 77,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Dalam Interaksi Edukatif dan Keterampilan Kognitif dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 10:34 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22935 |
Actions (login required)
View Item |