Susiani, Umi (2013) Penggunaan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Bagi Siswa Kelas V Semester I SDN 02 Karangbangun Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (652kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (368kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Make a Match bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2012 / 2013 . Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar IPA yang KKM-nya 70 diperoleh data ketuntasan belajar siswa 12 (44%) siswa pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 21 (77%) siswa pada siklus I, dan meningkat menjadi 25 (93%) siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu mencapai nilai
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran make a match, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 07:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22931 |
Actions (login required)
View Item |