Sukatmi, Sri and , Drs. Suwarno, SH, M.Pd (2013) Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Dengan Penerapan Media Gambar Dan Huruf Di SD Negeri 03 Dawung Matesih Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAH_DEPAN.pdf Download (490kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (523kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas II dengan penerapan media gambar dan huruf di SD Negeri 03 Dawung Matesih tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap pertemuan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 03 Dawung Matesih, yang berjumlah 16 siswa dan guru sebagai peneliti. Dan Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, tes catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan membaca siswa kelas II dengan penerapan media gambar dan huruf dari nilai prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang ditentukan, yaitu 69,81 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50%. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 68,44 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 79,56 dengan prosentase ketuntasan klasikal 87,5%. Jadi. Peningkatan keterampilan membaca siswa juga diikuti dengan perubahan tingkah laku negative menjadi tingkah laku positif. Pada siklus II siswa telah menunjukkan peningkatan keterampilan membaca dengan dibuktikannya hasil belajar yang memenuhi nilai KKM dan batas minimal prosentase ketuntasan yaitu 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca, media gambar dan huruf. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 06:46 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22930 |
Actions (login required)
View Item |