Hidayati, Nurul and , Drs. Suwarno, SH, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyusun Paragraf Melalui Strategi Picture And Picture Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SDN 03 Ngadiluwih Matesih Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (539kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (451kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyusun paragraf melalui strategi picture and picture dalam pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 03 Ngadiluwih Matesih tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua putaran, tiap putaran melalui empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek pelaku tindakan adalah guru peneliti dan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SDN 03 Ngadiluwih, yang berjumlah 12 siswa. Sebagai obyek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan menyusun paragraf yang berdampak pada hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian melalui dokumen, pengamatan, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil nilai prasiklus, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 8,3% masih ada 91,7% siswa belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 66,7% dan hasil belajar mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada tiap sikusnya. Ini berarti siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan sebesar 80% dan nilai KKM (70). Simpulan hasil penelitian ini adalah dengan strategi picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menyusun paragraf dalam pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 03 Ngadiluwih Matesih Tahun 2012/2013. Selain itu strategi ini dapat meningkatkan minat siswa, keaktifan dan kerjasama dalam proses pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyusun paragraf, strategi picture and picture |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2013 06:20 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 14:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22928 |
Actions (login required)
View Item |