Upaya Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Puspasari, Ika and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (749kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
05.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini, secara khusus adalah untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak melalui pembelajaran kooperatif pada anak kelompok A di TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok A sejumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif komparatif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil pada setiap siklus untuk mengetahui perkembangan kemampuan interaksi sosial anak pada setiap siklus. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan ada peningkatan kemampuan interaksi sosial anak melalui pembelajaran kooperatif, yaitu kemampuan interaksi sosial anak pada pra siklus sebesar 40,10%, siklus I sebesar 60,42%, siklus II sebesar 73.18% dan siklus III mencapai 83,85%. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan interksi sosial, pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 07:20
Last Modified: 04 Nov 2021 20:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22922

Actions (login required)

View Item View Item