Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Wayang Kardus Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda 02 Karangpelem, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Sukisni, Nanik and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Wayang Kardus Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda 02 Karangpelem, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui metode bercerita dengan wayang kardus. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda 02 Karangpelem, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2012/2013 dan obyek penelitian ini adalah metode bercerita dengan wayang kardus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan catatan lapangan Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kedisiplinan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 36%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan kegiatan menggambar bebas pada siklus I kreativitas anak meningkat menjadi 64% pada siklus II kreativitas anak meningkat menjadi menjadi 77% dan pada siklus III meningkat menjadi 86%. Secara keseluruhan dengan metode bercerita dengan wayang kardus dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda 02 Karangpelem, Kedawung, Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, metode bercerita dengan wayang kardus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Mar 2013 07:12
Last Modified: 04 Nov 2021 20:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item View Item