KATIVIDHA, LAKSMI (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY TERPIMPIN PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040018.pdf Download (132kB) |
|
PDF
A420040018.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Discovery atau Inquiry adalah proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Biologi siswa pada materi pokok ekosistem menggunakan metode Discovery terpimpin pada siswa kelas VII A semester genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang terdiri dari 47 siswa. Teknik pengumpulandata menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa siklus I sampai dengan siklus III. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar biologi siklus II lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar biologi siklus I dan rata-rata hasil biologi siklus III lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar biologi siklus II hal ini dilihat dari aspek kognitif (90,8 > 81,7 > 67,0), aspek afektif (44,5 > 31,5 > 28,7) dan aspek psikomotor 38,1. Hal ini menunjukan adanya pengaruh peningkatan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode Discovery Terpimpin dalam setiap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Terpimpin mampu membawa pengaruh positif terhadap perubahan sikap siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kata kunci: Metode Discovery terpimpin, hasil belajar Biologi, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Discovery terpimpin, hasil belajar Biologi, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 08 Jun 2009 08:49 |
Last Modified: | 12 Dec 2014 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2291 |
Actions (login required)
View Item |