Susmiarti,, Ratna (2012) Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (624kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan partisipasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobogan tahun ajaran 2012/2013 dan untuk mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobogan tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobogan yang berjumlah 18 siswa, subjek pelaku tindakan adalah peneliti sebagai guru. Metode atau teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan tindakan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi siswa pada kondisi awal 41,67% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 51,39% dan 63,89%, siklus II sebesar 76,38% dan 88,89% . Hasil belajar pada kondisi awal 27,78% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 33,33% dan 50%, siklus II sebesar 66,66% dan 83,33 %. Dengan demikian dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Krangganharjo 3 Toroh Grobogan tahun ajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | partisipasi belajar, hasil belajar, IPA, children learning in science (CLIS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 11:39 |
Last Modified: | 27 Feb 2013 11:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22909 |
Actions (login required)
View Item |