Fatmawati, Yulia and , Dra, Ratnasari Diah Utami, M.Si. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Narasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Karangasem II No 172 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (660kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Karangasem II No 172 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dalam pembelajaran menulis narasi dengan menerapkan strategi pembelajaran think talk write dengan menggunkan media gambar berseri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Karangasem II No 172 Surakarta yang berjumlah 43 siswa ( 28 putra 15 putri). Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Think Talk Write dan media gambar berseri. Sumber data yang digunakan yaitu: tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara, tes/pemberian tugas menulis dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, analisis masalah, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, dan penyusunan laporan. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanaaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan dan (4) analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru kelas sebagai pengamat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas menulis narasi. Terlihat dari meningkatnya kreativitas yang dimiliki siswa selama pembelajaran yakni: 1) keutuhan meningkat sebesar sebanyak 19 siswa atau sebesar 44,19% dari 20 siswa atau sebesar 46,51% menjadi 39 siswa atau sebesar 90,70%, 2) kepaduan mengalami peningkatan sebanyak 34 siswa atau sebesar 79,07% dari 4 siswa atau sebesar 9,30% menjadi 38 siswa atau sebesar 88,37%, 3) ejaan dan tanda baca meningkat sebanyak 34 siswa atau sebesar 79,07% dari 2 siswa atau 4,65% menjadi 36 siswa atau sebesar 83,72%. Peningkatan hasil menulis narasi dalam pembelajaaran meningkat sebanyak 35 siswa atau sebesar 81,40% dari 8 siswa atau sebesar 18,60% menjadi 43 siswa atau sebesar 100%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran think talk write mampu meningkatkan kreativitas menulis narasi selama pembelajaran dan sekaligus meningkatkan hasil menulis siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran think talk write, media gambar seri, kreativitas menulis narasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 11:30 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22907 |
Actions (login required)
View Item |