Widiyaningrum, Kurniasari and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (925kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (988kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 melalui model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know dan mengetahui aktifitas belajar siswa. Subyek penelitian ini guru dan peneliti dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 dengan jumlah 12 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 7 siswa lakilaki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diatas KKM ≥ 65 dari sebelum tindakan sampai sesudah tindakan. Pada siklus I nilai siswa meningkat 33,33% dari pra siklus, dan nilai siklus II meningkat 50% dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Inquiring Mind Want to Know dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Tiyaran 01 Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inquiring Mind Want to Know, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 11:20 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22906 |
Actions (login required)
View Item |