Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Glenn Doman Pada Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Kec. Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

WIDAYATI, RETNO TRI and , Dra. SURTIKANTI, SH., M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Glenn Doman Pada Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Kec. Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (462kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Taikmadu Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan Metode Glenn Doman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 16 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya pengembangan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan kemampuan membaca permulaan dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 4 anak didik yang mempunyai perkembangan yang sesuai harapan dalam kemampuan membaca permulaan, pada siklus I ada 5 anak yang berkembang sangat baik dan siklus II menjadi 13 anak yang kemampuan membaca permulaannya berkembang sangat baik. Prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak juga mengalami pengembangan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak adalah sebesar 41,17 %, siklus I sebesar 66,4 % dan pada siklus II meningkat menjadi 81,83 %. Hasil Penelitian, penggunaan metode Glenn Doman dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak didik kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Tasimadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Glenn Doman.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 11:23
Last Modified: 27 Oct 2021 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22905

Actions (login required)

View Item View Item