Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Think-Pair-Share Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pendem 02 Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Prabowo, Fetrik Adi and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Metode Think-Pair-Share Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pendem 02 Sumberlawang Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar IPA siswa dengan menggunakan metode pembeljaran Think-Pair-Share pada siswa kelas IV SDN Pendem 02 Sumberlawang Sragen tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pendem 02 yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang berupa informasi dari guru, dan siswa tentang tindakan yang diterapkan. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA. Diketahui dari kondisi awal 9 siswa atau 30% siswa yang termotivasi sampai siklus II meningkat menjadi 26 siswa atau 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Pendem 02 Sumberlawang Sragen tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think-pair-share, motivasi, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2013 09:50
Last Modified: 28 Oct 2021 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22894

Actions (login required)

View Item View Item