Azizah, Muflichati Nurin and , Drs. Muhroji, S.E., M. Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Problem Solving Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kalilangkap 03 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (758kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving dengan media gambar. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitataif yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator keaktifan yang meliputi keaktifan siswa dalam diskusi, bertanya dan menjawab pertanyaan. Persentase siswa yang aktif dalam diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,92%, pada siklus I sebesar 69,23%, dan di akhir siklus yaitu siklus II sebesar 84,6%, Adapun persentase siswa yang aktif dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 11,53%, pada siklus I sebesar 42,30%, dan pada siklus II sebesar 73,07%. Sedangkan persentase siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 19,23%, pada siklus I sebesar 61,53%, dan pada siklus II sebesar 80,76%. Adapun untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM hanya sebesar 23,07%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 73,07% dan pada akhir tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 88,46%. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa penerapan metode Problem Solving dengan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Metode Problem Solving, Media Gambar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 09:06 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 09:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22890 |
Actions (login required)
View Item |