Ainurrahmi, Naela and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Penerapan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berhitung Mapel Matematika Siswa Kelas Iv Sdn Jepang 1 Kudus Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_SKRIPSI.pdf Download (450kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan kemampuan berhitung melalui penerapan metode Gasing pada pembelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Jepang 1 Kudus yang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan minat belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian minat belajar. Indikator pencapaian minat belajarpada siklus akhir atau siklus II, yaitu: 1) Siswa yang memiliki perasaan senang96,43%, 2) Siswa yangmemiliki ketertarikan85,71%, 3) Siswa yang memiliki perhatian92,86%. 4)Siswa yang memiliki keterlibatan 89,49. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 32,14% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 55,36% sedangkan diakhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 92,86%. Berdasarkan data dan analisis data di atas dapa disimpulkan bahwa penerapan metode GASING meningkatkan minat belajar dan kemampuan berhitung mata pelajaran matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan), Minat Belajar, Kemampuan berhitung, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 08:31 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 09:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22885 |
Actions (login required)
View Item |