Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD N Pengkok 1 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Rahmawati, Isti Dwi (2013) Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD N Pengkok 1 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
10_Naskah_Publikasi.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan bertanya siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Pengkok 1 Kedawung Sragen yang berjumlah 36 siswa.Obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan bertanya siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 19,44% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 72,22%, 2) mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 16,66% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 61,11%, 3) percaya diri dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 13,88% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 63,88%, 4) menghargai teman yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 33,33% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 66,66%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Learning Cell pada pembelajaran IPA dapat meninngkatkan kemampuan bertanya siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bertanya, the learning cell
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Feb 2013 11:55
Last Modified: 26 Feb 2013 11:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item View Item