Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jepang Tahun Ajaran 2012/2013

Fahmi, Fariz Ulil (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jepang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (657kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (367kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media film animasi pada siswa kelas IV tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan media film animasi yang dilakukan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model interaktif, yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia setalah dilakukan implementasi tindakan dengan menggunakan media film animasi mengalami peningkatan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) keaktifan siswa dalam bertanya pada kondisi awal sebesar 25,58%, diakhir tindakan menjadi 82,14%; 2) keaktifan siswa ddalam menjawab pada kondisi awal sebesar 42,86%, diakhir tindakan menjadi 85,71%; 3) keaktifan siswa dalam menanggapi pada kondisi awal sebesar 35,71%, diakhir tindakan menjadi 78,57%; 4) keaktifan siswa dalam berpendapat pada kondisi awal sebesar 25%, diakhir tindakan menjadi 78,57%. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jepang yang meliputi empat aspek yaitu bertanya, menjawab, menanggapi, dan berpendapat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Media Film Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Feb 2013 11:19
Last Modified: 26 Feb 2013 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item