Fahmi, Fariz Ulil (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jepang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (657kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (367kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media film animasi pada siswa kelas IV tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan media film animasi yang dilakukan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model interaktif, yang terdiri dari : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia setalah dilakukan implementasi tindakan dengan menggunakan media film animasi mengalami peningkatan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) keaktifan siswa dalam bertanya pada kondisi awal sebesar 25,58%, diakhir tindakan menjadi 82,14%; 2) keaktifan siswa ddalam menjawab pada kondisi awal sebesar 42,86%, diakhir tindakan menjadi 85,71%; 3) keaktifan siswa dalam menanggapi pada kondisi awal sebesar 35,71%, diakhir tindakan menjadi 78,57%; 4) keaktifan siswa dalam berpendapat pada kondisi awal sebesar 25%, diakhir tindakan menjadi 78,57%. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jepang yang meliputi empat aspek yaitu bertanya, menjawab, menanggapi, dan berpendapat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Media Film Animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 11:19 |
Last Modified: | 26 Feb 2013 11:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22866 |
Actions (login required)
View Item |