Murwati, Wiwin and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Pendekatan Eksploratory Discovery pada Siswa Kelas IV.C SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (970kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah Penerapan Pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan Keaktifan Belajar IPA pada Siswa Kelas IV.C SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Tahun 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melalui penerapan pendekatan Eksploratory Discovery pada siswa kelas IV.C SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Tahun 2012/2013. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV.C SDIT Nur Rohman Slogohimo yang berjumlah 16 siswa, subjek pelaku tindakan adalah peneliti sebagai guru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang kemudian mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada kondisi awal 46,32% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,5% dan 73,44%, siklus II sebesar 81,25% dan 85,94%. Hasil belajar pada kondisi awal 43,75% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 87,5%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Eksploratory Discovery dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV.C SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 11:11 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 10:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22865 |
Actions (login required)
View Item |