Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Sebagi Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Ismail, Taufiq and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Sebagi Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X 2 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar ekonomi dengan penerapan metode numbered head together pada peserta didik kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan atau ide dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 20,68% atau 6 siswa pada siklus I, menjadi 27,58 % atau 8 siswa pada siklus II; (2) Keaktifan siswa dalam mengutarakan pendapat menunjukkan peningkatan dari 17,24% atau 5 siswa pada siklus I menjadi 20,68% atau 6 siswa pada siklus II; (3) Keaktifan siswa dalam kelompok,in teraksi antar siswa juga menunjukkan peningkatan dari 31,03% atau 9 siswa pada siklus I menjadi 34,48% atau 10 siswa pada siklus II; (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 27,57% atau 8 siswa pada saat pra kondisi menjadi 68,95% atau 20 siswa pada siklus I dan menjadi 82,74 % atau 24 siswa pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode numbered head together , keaktifan, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 08:11
Last Modified: 02 Nov 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22856

Actions (login required)

View Item View Item