Aprianto, Muhammad Aditya Nur and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Pemberian Motivasi Dari Dosen Terhadap Kreativitas Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Ilmiah.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 2, 2) pengaruh pemberian motivasi dari dosen terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 2, 3) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan pemberian motivasi dari dosen terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011 berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik sample random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 13,488 + 0,240X1 + 0,290X2, artinya kreativitas belajar mahasiswa dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran dan pemberian motivasi dari dosen. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap kreativitas belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pemanfaatan media pembelajaran sebesar 3,651 sehingga thitung > ttabel atau 3,651>1.980 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Pemberian motivasi dari dosen. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pemberian motivasi dari dosen sebesar 3,658 sehingga thitung > ttabel atau 3,658>1.980 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) Pemanfaatan media pembelajaran dan pemberian motivasi dari dosen secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 2 FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 40,771>Ftabel (3,072) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.405, berarti 40,5% kreativitas belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 2 dipengaruhi oleh variabel pemanfaatan media pembelajaran dan pemberian motivasi dari dosen, sisanya sebesar 59,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, pemberian motivasi, kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 07:42 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22852 |
Actions (login required)
View Item |