Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010

Nugraha, Fajar and , Drs. H. Sami'an, M.M (2013) Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Lampiran_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Belakang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa, 2) pengaruh kemandirian belajar mahasiswa terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa, 3) pengaruh prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2009/2010 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan berjumlah 200 mahasiswa dengan sampel sebanyak 127 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Angket telah diujicobakan dan diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji T, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=1,473+0,311X1+0,425X2, artinya motivasi berwirausaha mahasiswa dipengaruhi oleh prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel prestasi belajar kewirausahaan sebesar 3,984 sehingga thitung > ttabel atau 3,984 > 1,979 (α = 0,05) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, (2) kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar mahasiswa sebesar 5,777 sehingga thitung > ttabel atau 5,777 > 1.979 (α = 0,05) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, (3) prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa FKIP Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 42,473 lebih besar dari Ftabel (3,069) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.407, berarti 40,7% motivasi berwirausaha mahasiswa dipengaruhi oleh prestasi belajar kewirausahaan dan kemandirian belajar mahasiswa, sisanya sebesar 59,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar kewirausahaan, kemandirian belajar mahasiswa, motivasi berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 07:09
Last Modified: 01 Nov 2021 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item