Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Islam Bakti VI Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Khotimah, Nurul and , Drs. Ahmad Fathoni, SE., M.Pd. (2013) Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Islam Bakti VI Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (605kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui permainan balok pada anak kelompok B2 Taman Kanak- Kanak Islam Bakti VI Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Peningkatan kreativitas anak difokuskan pada kreativitas membangun atau mengkonstruksi. Penelitian yang dilakukan termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini melalui 2 siklus yang masing-masing siklus ada 2 pertemuan dengan durasi masing-masing pertemuan 60 menit. Hasil analisis data dari penelitian yang dilakukan menunjukkan peningkatan kreativtas anak cukup signifikan, pada prasiklus tingkat kreativitas anak menunjukkan prosentase 35%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kreativitas anak sebesar 68%, sehingga besar peningkatan kreativitas anak 33% dan setelah tindakan pada siklus II tercapai prosentase sebesar 87% sehingga peningkatan kreativitas anak dari siklus I ke siklus II sebesar 20,5%. Total peningkatan keseluruhan adalah 53,5%. Hasil ini sudah melebihi target yang ditetapkan peneliti yang menetapkan hasil akhir dari penelitian sebesar 80 %. Hal ini menunjukkan bahwa permainan balok cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran peningkatan kreativitas anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Balok, Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 11:38
Last Modified: 27 Oct 2021 02:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item View Item