Wulandari, Sri and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Bermain Dengan Media Kartu Huruf Bagi Anak Kelompok B Pada TK Pertiwi 01 Ngringo Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (110kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui bermain dengan media kartu huruf bagi abak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo Kecamatan Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo, Jaten, Karanganyar sebagai pelaksana tindakan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menganilasa hasil pembelajaran sebelum dan sesudah tindakan. Penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan sesuai dengan RBP, pelaksanaan, observasi dan refelksi, yang dilakukan berulang-ulang dalam 2 siklus, dan 2 x pertmuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media kartu huruf dapat menarik perhatian anak dan meningkatkan rasa ingin tahu anak dalam pembelajaran membaca, tindakan kelas berupa bermain dengan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo. Hasil ratarata kemampuan membaca adalah jumlah siswa yang memiliki kemampuan membaca > 50% pra siklus sebayak 39,13 % (dari 23 anak), pada siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang memiliki kemampuan membaca > 50% sebanyak 95,65%, pada siklus I pertemuan 2 semua memiliki kemampuan > 50%, pada siklus II pertemuan 1 siswa yang memiliki kemampuan membaca > 75% sebanyak 69%, dan pada pertemuan ke 2 sebanyak 78,26%. Hasil Rata-rata kelas kemampuan membaca anak pra siklus adalah 46,43%, siklus I pertemuan 1 58,85%, pertemuan ke 2 68,79%, pada siklus II pertemuan 1 79,66%, pertemuan ke 2 82,92%. Hasil yang diperoleh adalah kegiatan bermain dengan menggunakan kartu huruf pada pembelajaran membaca, dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B pada TK Pertiwi 01 Ngringo, dengan demikian hipotesis diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca, bermain dengan media kartu huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 08:49 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22837 |
Actions (login required)
View Item |