Peningkatan Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Bermain Musik Bagi Anak Kelompok B1 Pada TK MTA I Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012 / 2013

Susanti, Padmi and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Bermain Musik Bagi Anak Kelompok B1 Pada TK MTA I Kebakkramat Karanganyar Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Deapn)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (106kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan kecerdasan emosi anak melalui bermain musik di TK MTA I Kebakkramat Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok B1 TK MTA I Kebakkramat Karanganyar sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK MTA I Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini Anak Kelompok B1 TK MTA Kebakkramat berjumlah 15 anak. Prosedur tindakan yang digunakan adalah model Kemmis & McTagart dalam bentuk siklus ( perencanaan, tindakan, obseravasi dan refleksi). Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan panduan wawancata Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Indikator tindakan ini 80% anak sudah tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak bagi kelompok B1 di TK MTA I Kebakkramat Karanganyar dapat ditingkatkan dengan menggunakan bermain musik. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: a) guru membuka pelajaran, b) guru dan murid menyanyikan lagu, c) guru meminta anak-anak untuk duduk di lantai, d) guru mengajak anak menceritakan pengalaman sebelum kesekolah; e) guru menjelaskan tema; f) guru dan anak bercakap-cakap tentang tema; g) guru memperkenalkan alat musik yang digunakan, h) Anak memainkan kerincingan, seruling, gelas, sendok sambil bernyanyi dengan gembira. i) Anak bernyanyi sambil bertepuk tangan dengan 3 pola penuh rasa was-was. j) Anak membuat alat musik dari botol aqua yang diisi dengan biji- bijian dan merasa bangga dengan hasil karyanya . k) Menciptakan alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dengan uara wajah ceria. l) Anak bernyanyi sambil memejamkan mata dengan hati yang sedih dan gembira, 2) hasil peningkatan perkembangan kecerdasan emosi pada pelaksanaan siklus I dari 15 anak kelas B1 TK MTA I Kebakkramat Karanganyar yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 5 anak dengan nilai ratarata 77,915%. Setelah siklus II sebanyak 12 anak telah memenuhi ketuntasan belajar denagn nilai rata-rata kelas yaitu 89,375 %, sedangkan selebihnya yaitu satu anak yang belum mencapai ketuntasan belajar. Kata kunci: perkembangan, kecerdasan, emosi, bermain, musik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi anak, musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 08:37
Last Modified: 27 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22836

Actions (login required)

View Item View Item