Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling Pada Anak Kelompok B RA Nurul Hikmah Banyurip Sragen Tahun Ajaran 2012 / 2013

Habsari, Ninik Febri and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling Pada Anak Kelompok B RA Nurul Hikmah Banyurip Sragen Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (100kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain bowling. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Nurul Hikmah Banyurip Sambungmacan Sragen Tahun Ajaran 2012/2013 banyaknya 25 anak, terdiri atas putra 12 anak dan putri 13 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklusnya dilakukan dua pertemuan. Analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dengan bermain bowling. Hal ini ditunjukkan dengan hasil masing-masing siklus yaitu siklus I mencapai 56 % (14 anak yang tuntas), siklus II mencapai 68 % (17 anak yang tuntas), dan siklus III mencapai 80 % (20 anak yang tuntas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain bowling dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada anak kelompok B RA Nurul Hikmah Banyurip Sambungmacan Sragen Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, bermain bowling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 07:56
Last Modified: 04 Nov 2021 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22834

Actions (login required)

View Item View Item