Claudia, Klara Siska and , Drs. M. Djaelani, M.Pd. (2013) Upaya Meniningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Menari Pada Anak Kelompok B TK Gabus 1 Ngrampal, Sragen Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (760kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (509kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri anak melalui kegiatan menari di TK Gabus 1, Ngrampal, Sragen tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelompok B TK Gabus 1 yang berjumlah 25 siswa yaitu 12 perempuan, dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara guru, peneliti, dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan kegiatan menari, wawancara yang digunakan adalah antara peneliti dan anak, dan dokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar foto anak saat berlangsungnya kegiatan menari. Teknik analisis data dari penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat percaya diri anak kelompok B TK Gabus 1, Ngrampal, Sragen tahun ajaran 2012/ 2013 sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 20%. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati dengan menggunakan kegiatan menari sebagai upaya peningkatannya, percaya diri anak diperoleh hasil yaitu siklus 1 menjadi 36%, siklus II meningkat menjadi 60%, dan siklus yang ke III percaya diri anak menjadi 80%. Adanya peningkatan dari setiap siklus menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan kegiatan menari dapat meningkatkan percaya diri anak kelompok B TK Gabus 1 tahun ajaran 2012/ 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | percaya diri, kegiatan menari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 07:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 12:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22833 |
Actions (login required)
View Item |