Suparti, Sri (2012) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Kelompok Bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (900kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak kelompok bermain melalui kegiatan Bercerita dengan media celemek cerita pada Kelompok Bermain Pelangi Ceria di Jirapan, Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok bermain Pelangi Ceria Jirapan Masaran Sragen yang berjumlah 14 orang. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan trigulasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bercerita dengan celemek cerita. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan interpersonal anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 17,21 dengan prosentase 43,03,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 25,43, dengan prosentase 63,57%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 29,21 dengan prosentase 73,03%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 32,92, dengan prosentase 82,32%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan celemek cerita dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan interpersonal, metode celemek cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 07:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2013 07:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22832 |
Actions (login required)
View Item |