Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Giriwondo Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/202

Wahyuningsih, Wahyuningsih and , Drs. Risminawati M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Giriwondo Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/202. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Nskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan metode teams games tournament pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar PKn siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan metode pembelajaran teams games tournament pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase 49,3% pada pra siklus, meningkat menjadi 71,4% pada siklus I dan 85,7% pada siklus II dan hasil belajar siswa dengan persentase 55% pada pra siklus meningkat menjadi 65% pada siklus I dan optimal pada siklus II sebesar 90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teams games tournament, hasil belajar, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 06:37
Last Modified: 27 Oct 2021 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22827

Actions (login required)

View Item View Item