Izzati, Aulya Rahmi and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Menulis Cerita Bahasa Indonesia Melalui Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Karangasem 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (552kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (235kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan kemampuan menulis cerita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri Karangasem 2 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangasem 2 Surakarta yang terdiri atas 36 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis kualitatif. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan prosentase aktivitas menulis dan prosentase kemampuan menulis. Prosentase menulis pada siklus 1 pertemuan pertama, prosentase aktivitas memperhatikan gambar sebesar 47,22%, menulis cerita 100%, menaruh minat 52,77%, bertanya 27,77%, dan semangat belajar 50%. Pada siklus 1 pertemuan kedua, prosentase aktivitas memperhatikan gambar sebesar 55,55%, menulis cerita 100%, menaruh minat 52,77%, bertanya 58,33%, dan semangat belajar 66,66%. Pada siklus 2 pertemuan pertama, prosentase aktivitas memperhatikan gambar sebesar 77,77%, menulis cerita 100%, menaruh minat 80,55%, bertanya 77,77%, dan semangat belajar 83,33%. Pada siklus 2 pertemuan kedua, prosentase aktivitas memperhatikan gambar sebesar 80,55%, menulis cerita 100%, menaruh minat 80,55%, bertanya 75%, dan semangat belajar 91,66%. Sedangkan prosentase kemampuan menulis prasiklus sebesar 62%, pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 69,44%, siklus 1 pertemuan kedua sebesar 72,22%, siklus 2 pertemuan pertama sebesar 75%, dan siklus 2 pertemuan kedua sebesar 83,34%. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan prosentase aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis cerita. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis cerita bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas dan kemampuan menulis cerita, strategi picture and picture |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 05:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22823 |
Actions (login required)
View Item |