Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Soal Cerita Melalui Model Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas V SD Negeri 02 Gemantar Tahun Ajaran 2012/2013

Ermawati, Santi and , Drs. Mulyadi S.K., M.Pd. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Soal Cerita Melalui Model Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas V SD Negeri 02 Gemantar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika pada soal cerita melalu model Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Gemantar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika pada soal cerita dengan model Think Talk Write. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus diperoleh 7 siswa mencapai KKM dengan rata-rata 52,727, dan ketuntasan belajar 31,819%. Pada siklus I diperoleh 12 siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata 71,591, dan ketuntasan belajar 54,55%. Pada siklus II diperoleh 19 siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,25, dan ketuntasan belajar 86,364%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada soal cerita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Think Talk Write, soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 11:27
Last Modified: 27 Oct 2021 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item