Sari, Pepy Anggita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen, Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_judul.pdf Download (296kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_i.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Teknik Cerita Berantai pada siswa kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik. Pada penelitian tindakan kelas ini, analis data yang digunkan yaitu deskriptif kualitatif dengan analis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara siswa sebelum siklus untuk lafal dan intonasi 6,67% dari 1 siswa, gerak dan mimik 13,33% dari 2 siswa, volume suara 60% dari 9 siswa, jalan pembicaraan 20% dari 3 siswa, kefasihan 33,33% dari 5 siswa. Pada siklus I meningkat untuk lafal dan intonasi 33,33% dari 5 siswa, gerak dan mimik 60% dari 9 siswa, volume suara 73,33% dari 11 siswa, jalan pembicaraan 46,67% dari 7 siswa, kefasihan 53,33% dari 8 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk lafal dan intonasi 86,67% dari 13 siswa, gerak dan mimik 80% dari 12 siswa, volume suara 100% dari 15 siswa, jalan pembicaraan 86,67% dari 13 siswa, kefasihan 86,67% dari 13 siswa. Dari proses pembelajaran tersebut juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 63 dengan ketuntasan belajar 53,33% dari 8 siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 77 dengan ketuntasan belajar 73,33% dari 11 siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 89, 67 dengan ketuntasan belajar 100% dari 15 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan Teknik Cerita Berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Sribit 2, Sidoharjo, Sragen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara, teknik cerita berantai. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 11:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22810 |
Actions (login required)
View Item |