Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Penerapan Model Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IVC SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun 2012/2013

Setiawati, Windi and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Penerapan Model Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IVC SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Jurnal_Ilmiah.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA yang terlihat dalam 3 indikator; yaitu berbicara dan mengeluarkan pendapat, menjawab pertanyaan secara lisan, dan membuat kesimpulan. Indikator berbicara dan mengeluarkan pendapat pada siklus I 80% meningkat pada siklus II yaitu 90%. Indikator menjawab pertanyaan secara lisan siklus I 62,5% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Indikator selanjutnya membuat kesimpulan pada siklus I 37,5% meningkat menjadi 77,5% pada siklus II. Selain peningkatan indikator kemampuan berfikir kritis, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 45% atau 18 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 30 siswa atau 75%, dan meningkat pada siklus II mencapai 37 siswa atau 92,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berfikir kritis, hasil belajar, student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 10:56
Last Modified: 27 Oct 2021 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22806

Actions (login required)

View Item View Item