Anggraina, Angga Widyah Ayu (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Pair Checks Sebagai Upaya Peningkatan Komunikasi Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (12MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan komunikasi matematika setelah dilakukan strategi pembelajaran tipe pair chekcs bagi siswa kelas VII C SMP N 1 Kradenan. Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kradenan yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa meliputi aspek : (1) menyampaikan gagasan atau ide yang dimiliki siswa sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan menjadi 46,15% (2) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 12,82% dan di akhir tindakan menjadi 30,77% (3) menggambar ataupun melukis bangun yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 10,25% dan di akhir tindakan menjadi 64,10% dan (4) menyimpulkan hasil pembelajaran sebelum tindakan 5,13% dan di akhir tindakan menjadi 46,15%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi siswa, strategi pair checks. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 10:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2013 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22803 |
Actions (login required)
View Item |