Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Pair Checks Sebagai Upaya Peningkatan Komunikasi Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 )

Anggraina, Angga Widyah Ayu (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Tipe Pair Checks Sebagai Upaya Peningkatan Komunikasi Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan komunikasi matematika setelah dilakukan strategi pembelajaran tipe pair chekcs bagi siswa kelas VII C SMP N 1 Kradenan. Subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kradenan yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan metode alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa meliputi aspek : (1) menyampaikan gagasan atau ide yang dimiliki siswa sebelum tindakan 7,69% dan di akhir tindakan menjadi 46,15% (2) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 12,82% dan di akhir tindakan menjadi 30,77% (3) menggambar ataupun melukis bangun yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 10,25% dan di akhir tindakan menjadi 64,10% dan (4) menyimpulkan hasil pembelajaran sebelum tindakan 5,13% dan di akhir tindakan menjadi 46,15%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi siswa, strategi pair checks.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 10:13
Last Modified: 22 Feb 2013 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item View Item