ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT SEPEDA MOTOR MATIC YAMAHA MIO DAN HUBUNGANYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WILAYAH EX-KARESIDENAN SURAKARTA

ARDI, Faisal (2007) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT SEPEDA MOTOR MATIC YAMAHA MIO DAN HUBUNGANYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WILAYAH EX-KARESIDENAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Sikap (attitude) adalah keadaan dimana seseorang mudah terpengaruh untuk menanggapi rangsangan lingkungan, yang dapat memulai atau membimbing tingkah laku. Sikap selalu berhubungan dan memberikan penilaian terhadap obyek atau produk. Sikap konsumen merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Obyek pada penelitian ini dilakukan pada atribut Sepeda Motor Matic Yamaha Mio. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut sepeda motor matic Yamaha Mio. (2) Untuk mengetahui apakah atribut Yamaha Mio mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta. (3) Untuk mengetahui atribut Yamaha Mio yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian di wilayah Exkaresidenan Surakarta. Dalam penelitian, digunakan empat analisa yang berbeda. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel atribut Yamaha Mio dengan keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta menggunakan analisa chi square test. Untuk mengetahui derajat keeratan hubungan atribut Yamaha Mio dengan keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta menggunakan analisa uji kontingensi. Untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut Yamaha Mio menggunakan analisa indeks sikap konsumen. Untuk mengetahui atribut Yamaha Mio yang paling menarik di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta menggunakan analisa mean aritmatika. Hipotesis yang penulis kemukakan adalah (1) Sikap konsumen terhadap atribut Yamaha Mio di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta adalah positif. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara atribut Yamaha Mio dengan keputusan pembelian konsumen. (3) Model merupakan salah satu variabel dari atribut Yamaha Mio yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta. Kemudian setelah dilakukan pengujian berdasar alat analisa, maka hasil dari penelitian tersebut adalah (1)Dari 100 responden, semuanya (100 %) menyatakan bahwa atribut Yamaha Mio mempengaruhi keputusan pembelian di wilayah Ex- Karesidenan Surakarta. (2)Sebanyak 44 orang responden (44%) menyatakan bahwa model merupakan atribut Yamaha Mio yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta. (3)Nilai indeks sikap konsumen (S) sebesar 3,9 berada pada 4,108 daerah penerimaan antara 5 � S > 4. (4)Dari hasil perhitungan mean aritmatika dapat diketahui bahwa model merupakan atribut Yamaha Mio yang paling menarik dengan hasil mean aritmatika 4,32 berada pada skala 3,5£ M £ 5. (5)Dari analisa chi square test didapat Nilai x2 masing-masing adalah sebesar 30,738, 29,599, 52,335 yang kesemuanya bernilai lebih besar dari nilai x 2 tabel. Dan probabilitas masing-masing adalah sebesar 0,002, 0,003, 0,000 yang kesemuanya bernilai lebih kecil dari � = 0,05. Berdasarkan hasil analisa data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1)Atribut Yamaha Mio mempengaruhi keputusan pembelian di wilayah Ex-Karesidenan Surakarta. (2)Model merupakan atribut Yamaha Mio yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3)Sikap konsumen terhadap atribut Yamaha Mio adalah positif. (4)Ada hubungan yang signifikan antara atribut Yamaha Mio dengan komponen keputusan pembelian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Atribut Yamaha Mio, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:32
Last Modified: 17 Nov 2010 00:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item