Pratiwi, Heni and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment Dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (489kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (427kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta melalui strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media Choose Number. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, identifikasi siswa, perencanaan solusi masalah, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi, evaluasi, dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang terlihat dalam 4 indikator; yaitu rasa tertarik dan senang, perhatian dan konsentrasi, keterlibatan/ partisipasi aktif, dan antusiasme siswa dalam mengerjakan soal. Indikator rasa tertarik dan senang meningkat dari siklus I 70% menjadi 85% pada siklus II. Indikator perhatian dan konsentrasi siklus I 57,5% meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Indikator selanjutnya keterlibatan/ partisipasi aktif pada siklus I 62,5% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dan pada indikator antusiasme dalam mengerjakan soal dari siklus I 65% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Selain peningkatan indikator minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 47,5% atau 19 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 32 siswa atau 80%, dan meningkat pada siklus II mencapai 38 siswa atau 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dengan media Choose Number dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, Instant Assessment, Choose Number. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Feb 2013 12:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22793 |
Actions (login required)
View Item |