Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Savi dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Golantepus Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2012/2013

Ratnaningsih, Windha Prasetya and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Savi dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 4 Golantepus Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (822kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 4 Golantepus Mejobo Kudus yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah penggunaan pendekatan SAVI dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu Analysis Interactive Model. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan pada materi Energi dan Perubahannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan kreativitas dalam menyatakan pendapat tanpa malu-malu pada prasiklus 25%, pada siklus I 40%, siklus II 80%. Kreativitas dalam mengajukan pertanyaan yang berbobot dari prosentase prasiklus 25%, siklus I 32,5%, dan siklus II 75%. Kreativitas dalam memecahkan permasalahan mengenai materi pembelajaran dari prosentase prasiklus 30%, siklus I 42,5%, dan siklus II 75%. Kreativitas siswa dalam mengajukan pemikiran, gagasan pemecahan masalah yang berbeda dengan orang lain (orisinil) dari prosentase prasiklus 25%, siklus I 40%, dan siklus II 75%. Selain kreativitas siswa yang mengalami peningkatan, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 45% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 85% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 4 Golantepus Mejobo Kudus tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Feb 2013 11:29
Last Modified: 27 Oct 2021 09:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item