Perbedaan Perkembangan Motorik Halus Antara Anak yang Sekolah di TK Full Day dan TK Reguler di Surakarta

Dewi, Sri Rahmani and , dr. M. Shoim Dasuki, M.Kes and , dr. Nining Lestari (2013) Perbedaan Perkembangan Motorik Halus Antara Anak yang Sekolah di TK Full Day dan TK Reguler di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN__.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I_.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)

Abstract

Latar Belakang: Sejak lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan dalam tahapan perkembangan anak. Masa kanak-kanak adalah saat yang ideal untuk mempelajari perkembangan keterampilan motorik. Perkembangan keterampilan motorik anak membutuhkan stimulasi. Anak akan mendapatkan stimulasi dengan baik pada pendidikan prasekolah, salah satunya adalah Taman Kanak-kanak (TK). TK dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi TK full day dan TK reguler. TK full day memberikan waktu belajar yang lebih lama. Hal ini memungkinkan seorang guru dan anak lebih mendalami suatu topik pembelajaran dan mengembangkan potensi anak. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan perkembangan motorik halus antara anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler di Surakarta. Metode Penelitian: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan antara anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler di Surakarta. Sampel terdiri dari 50 anak yang sekolah di TK full day dan 54 anak yang sekolah di TK reguler. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil Penelitian: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p=0,007 (p<0,05) untuk hasil penelitian pada perkembangan motorik halus anak. Kesimpulan: Perkembangan motorik halus anak yang sekolah di TK full day lebih baik daripada perkembangan motorik halus anak di TK reguler, dengan kata lain H1 diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik halus, stimulasi, TK full day, TK reguler.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Feb 2013 08:34
Last Modified: 03 Nov 2021 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item