Latifah, Isti and , dr. M. Shoim Dasuki, M.Kes and , dr. Nining Lestari (2013) Perbedaan Perkembangan Bahasa Antara Anak yang Sekolah di Tk Fullday dan TK Reguler di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (310kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (356kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
Abstract
yang Sekolah di TK fullday dan TK reguler di Surakarta. Latar Belakang: Usia dini (4-6 tahun) merupakan periode awal yang paling penting oleh karena itu diperlukan stimulasi yang berguna agar potensi anak berkembang, seperti meletakkan dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial-ekonomi, dll. Kemampuan berbahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Anak yang mengalami keterlambatan bicara dan bahasa beresiko menyebabkan pencapaian akademik yang kurang secara menyeluruh, hal ini dapat berlanjut sampai usia dewasa muda dan bisa mengakibatkan masalah perilaku dan penyesuaian psikososial. Taman kanak-kanak suatu lembaga pendidikan untuk anak usia dini dan TK menjadi sangat penting bagi perkembangan anak selanjutnya. Berbagai macam jenis TK seperti program fullday dan reguler yang memiliki perbedaan waktu belajar yang dimana TK fullday memiliki waktu belajar yang lebih banyak daripada TK reguler. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan perkembangan bahasa antara anak yang sekolah di TK fullday dan TK reguler di Surakarta. Metode Penelitian: Merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 99 anak yang terdiri dari 51 anak yang sekolah di TK fullday dan 48 anak yang sekolah di TK reguler di Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil Penelitian: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p < 0,001 (p<0,05) untuk perkembangan bahasa. Kesimpulan: Perkembangan bahasa anak yang sekolah di TK fullday lebih baik daripada anak yang sekolah di TK reguler atau dengan kata lain H1 diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Bahasa, TK fullday, TK reguler |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Feb 2013 08:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 10:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22751 |
Actions (login required)
View Item |