RIYANA, EMA (2008) HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA CHART DAN MODEL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040002.pdf Download (194kB) |
|
PDF
A420040002.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media chart dan model dapat meningkatkan hasil belajar dan mampu menarik perhatian siswa pada konsep sistem ekskresi pada manusia. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata siklus I hasil belajar dari segi kognitif siswa sebesar 51,25 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 66,88, rata-rata siklus II meningkat menjadi 78 dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 87,75. Dan rata-rata hasil belajar dari segi afektif siswa pada siklus I sebesar 27,4, rata-rata dari siklus II meningkat menjadi 34,7, dan rata-rata dari siklus III meningkat menjadi 43,1. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media chart dan model dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIF SMP Muhammadiyah 2 Masaaran Sragen tahun ajaran 2007/2008. Kata kunci: hasil belajar, media chart dan model, pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media chart dan model, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 08 Jun 2009 08:00 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 00:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2270 |
Actions (login required)
View Item |