Prihantoro, Agus and , Dr. Sumardi, M.Si. and , Bapak Masduki, S.Si., M.Si. (2013) Tinjauan Aspek Kognitif Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas IX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.Naskah_Publikasi.pdf Download (546kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
PDF (Daftar PUstaka)
9.1.Daftar_Pustaka.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.2.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pendistribusian aspek kognitif pada buku teks matematika SMP kelas IX. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis setiap soal uji kompetensi ke dalam aspek kognitif. Indikator aspek kognitif yang digunakan adalah indikator aspek kognitif berdasarkan SEC (Survey of Enacted Curiculum). SEC membagi aspek kognitif kedalam 5 tingkatan, yaitu: memorrize, Perform Procedure, Demonstrate Understanding, Conjecture/ Generalize/ Prove, dan Solve Non-Routine Problems. Hasil penelitian ini adalah buku “Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX SMP/MTs” memiliki persentase soal aspek kognitif pada tingkat memorize sebesar 5,2%, perform precedure sebesar 69,6%, demonstrate understanding sebesar 20,9%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 3,5%, solve non routine problem sebesar 0,9%. Buku “Matematika Bermakna IX” persentase pada tingkatan memorize sebesar 2,4%, perform precedure sebesar 57,1%, demonstrate understanding sebesar 27,4%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 9,5% dan solve non routine problem sebesar 3,6%. Persentase aspek kognitif pada buku “Seribu Pena Matematika Untuk SMP/ MTs Kelas IX” tingkatan memorize sebesar 3,1%, perform precedure sebesar 57,8%, demonstrate understanding sebesar 32,5%, conjecture/ generalizw/ prove sebesar 4,1% dan solve non routine problem sebesar 2,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mayoritas soal pada ketiga buku berada pada tingkat perform precedure sementara soal pada tingkat conjecture/ generalizw/ prove dan solve non routine problem masih kurang. Ketiga buku tersebut kurang melatih siswa untuk berfikir kritis dan kreatif karena kebanyakan soal pada tingkat rendah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Kognitif, Buku Teks, Survey of Enacted Curriculum (SEC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 07:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22683 |
Actions (login required)
View Item |