Agusningtiyas, Eka (2012) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode REACT ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIID Semester Gasal Di SMPN 2 Karangmalang, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (561kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (541kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan peningkatkan kemampuan komunikasi melalui penerapan strategi pembelajaran REACT, dan (2) mendiskripsikipsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa dengan strategi pembelajaran REACT. Penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, sedang desain penelitiannya adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Karangmalang yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengemukakan ide sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 81,25%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 12,5% dan setelah tindakan 75%, c) mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 15,625% dan setelahr tindakan 68,75%. d) menyanggah atau menyetujui jawaban dari siswa atau kelompok lain sebelum tindakan 6,24% dan setelah tindakan 52%, dan (2) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan 95,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komu ikasi,hasil belajar, REACT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 07:14 |
Last Modified: | 13 Feb 2013 08:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22680 |
Actions (login required)
View Item |